Mengenal Dunia Website

Mengenal Dunia Website
11 September 2020 No Comments Teknologi gaweweb.id

Pada pagi hari, Senin tanggal 7 September 2020 jam 08:40 saya buka HP dan tertarik untuk membaca WA dari salah satu temen alumni SMA yang pada kesempatan beberapa minggu yang lalu minta tolong dibuatkan website untuk usaha dagangnya. “Kok belum bisa dibuka lewat Google ya mas Websitenya ? ”.


Karena penasaran saya langsung coba akses websitenya melalui HP menggunakan browser Google Chrome, dan sepertinya gak ada masalah, begitu mengetikkan alamat websitenya maka langsung tersaji front end websitenya. Tak puas dengan HP, saya coba juga akses menggunakan laptop ke alamat yang sama dengan browser Google Chrome, juga gak ada masalah, websitenya tetap bisa tersaji di layar Laptop.


Barangkali yang dimaksud temen saya lebih tepatnya “Kok belum bisa disearch melalui Google Search Engine ya mas Websitenya”.
Alhamdulillah pertanyaan temen saya tersebut di atas mengilhami tulisan saya yang ke empat di Blog eYANK BAYu ini, spesial disajikan buat sudara-saudaraku, temen-temenku maupun semua pembaca Blog ini yang pengen mengenal lebih dalam mengenai dunia website.


Apa itu Website ?
Website adalah sebuah kumpulan halaman pada satu domain di internet yang dibuat dengan tujuan tertentu (contoh : pribadi, komunitas, perusahaan, pendidikan, bisnis, toko online, instansi, portal dll) dan saling berhubungan satu dengan lainnya, serta dapat diakses secara luas melalui halaman depan (Home Page) menggunakan sebuah browser dengan mengetikkan alamat URL website.


Apa itu Domain ?
Domain adalah nama yang diberikan untuk mengidentifikasi sebuah jaringan tanpa menggunakan Internet Protocol (IP), mengingat bahwa IP selalu menggunakan angka-angka yang sulit untuk dihafal. Domain berfungsi sebagai alamat yang memudahkan para pengunjung untuk mencari informasi yang diinginkan. (contoh : Detik.com, Kompas.com, Niagahoster.co.id, Bukalapak.com, Tokopedia.com dll)


Apa itu Browser ?
Browser adalah software penjelajah web / peramban web / penelusur web yaitu perangkat lunak yang berfungsi untuk menerima dan menyajikan sumber informasi dari Internet seperti Internet Explorer, Google Chrome, Firefox, Opera maupun Safari.


Apa itu URL ?
URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locator, merupakan istilah lain untuk menyebut alamat website, berfungsi untuk membawa anda ke sebuah website spesifik yang dituju (contoh : https://www.pln.co.idhttps://eyankbayu.blogspot.comhttps://sma-pancasila-pwr.sch.id dll )


Bagaimana proses pembuatan website hingga bisa diakses melalui Internet ?
Sebagai ilustrasi, saya contohkan pengalaman saya mengembangkan website yang dibangun menggunakan PHP-CodeIgniter dan database  MySql.


1. Pembuatan Website
Sebelum Website bisa diakses melalui Internet, terlebih dahulu website harus dibuat & dibangun oleh Developer maupun Programmer atau barangkali anda sendiri yang tidak memiliki background sama sekali sebagai programmer pengen membuat website sendiri. Saat ini banyak sekali tutorial-tutorial maupun eBook yang mengajarkan bagaimana membuat website dengan mudah dan cepat tanpa harus menguasai bahasa pemrograman komputer mulai dari Nol sampai dapat diakses di Internet.Banyak jasa pembuatan website yang ditawarkan oleh perusahan yang bergerak dalam layanan Hosting & Domain maupun jasa pembuatan Website dengan berbagai macam tarif harga yang variatif disesuaikan dengan jumlah menu, nama domain, kapasitas penyimpanan data hosting dan tingkat kesulitan pembuatannya. Untuk memudahkan bagi si pemesan biasanya pihak penyedia jasa pembuatan Website menawarkan berbagai paket, sebagai contoh seperti paket Silver, Gold, Platinum dengan spesifikasi website yang dirinci  sesuai paketnya masing-masing.


2. Registrasi Hosting & Domain
Agar website bisa diakses di internet, maka website harus memiliki tempat penyimpanan (Hosting) maupun alamat website (Domain). Untuk memudahkan pemahamannya, website kita ibaratkan sebuah bangunan rumah dan hosting adalah kavling tanah yang disediakan sebagai tempat dibangunnya rumah, sedangkan domain adalah nama alamat dari rumah/bangunan anda tersebut.Untuk memiliki sebuah Hosting & Domain, anda terlebih dahulu harus mendaftarkan diri ke sebuah perusahaan jasa pelayanan Hosting & Domain yang menawarkan secara gratis maupun berbayar, diantaranya Hostinger (https://www.hostinger.co.id/), Niagahoster (https://www.niagahoster.co.id/), Rumahweb ( https://www.rumahweb.com/), Kedaihosting (https://www.kedaihosting.com) dan lain-lain dengan harga dan tarif yang bervariasi.


3. Mengupload File Website dan Database ke Hosting
Setelah memiliki tempat penyimpanan website maupun alamat website, yang harus dilakukan kemudian adalah mengupload file website berikut databasenya pada Hosting yang telah disewa/dibeli. Proses upload file website dan database dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi cPanel yang telah disediakan oleh penyedia jasa Hosting/Domain.Pertama-tama kita diminta untuk login terlebih dahulu dengan menggunakan username dan password Administrator, kemudian lakukan upload file website menggunakan tools yaitu File Manager dan menempatkan file-file website pada folder Public_HTML.
Agar table-table MySQL dapat diupload di database, kita harus membuat database dan user + password terlebih dahulu menggunakan tools yang disediakan yaitu MySQLDatabase, setelah itu baru bisa dilakukan proses upload table-table MySQL ke database.


4. Modifikasi Konfigurasi Website
Pada awal mula website dibangun, biasanya file website ditempatkan di Laptop/PC pada folder C:\xampp\htdocs dan databasenya dicreate dan diberi nama berikut user dan password yang telah ditentukan menggunakan tools yaitu phpmyadmin.Setelah file website dan data database dipindahkan ke Server Hosting, maka konfigurasinya harus disesuaikan mengikuti alamat website (domain) dan tempat penyimpanan Database berikut username dan passwordnya, agar website dapat dioperasikan dengan normal seperti pada saat diakses di localhost (pada Laptop ataupun PC).
Setelah dilakukan modifikasi konfigurasi website, barulah website dapat diakses sesuai dengan alamat websitenya (domain).

5. Optimasi Website dengan SEO.
Nah pertanyaan sahabat saya tadi di atas, sangat berkaitan erat dengan fase ini, dimana para pemilik website terutama para pengusaha menginginkan agar websitenya dapat diakses secara cepat melalui Google Search dan mendapatkan rangking tinggi di hasil pencarian Google. Google Search adalah mesin pencari web yang dimiliki oleh Google Inc. Urutan hasil pencarian Google sebagian didasarkan pada peringkat prioritas bernama “PageRange”.
Search Engine Optimization kepanjangan dari SEO adalah upaya mengoptimasi website untuk mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian juga trafik yang tepat sesuai sesuai dengan tujuan website anda sehingga mengingkatkan jumlah pengunjung website anda.
Untuk mendapatkan semua itu anda harus mengikuti aturan-aturan yang ditetapkan oleh mesin pencari, dalam contoh kasus ini adalah Google. SEO menetapkan aturan dan indikator utama yang selalu berubah secara berkala, dan karena aturannya ketat dan agak rumit dan susah dipahami oleh awam, maka untuk mempercepat proses optimasi websitenya para pengusaha banyak menggunakan Perusahaan Jasa Layanan SEO.
Anda dapat melakukan browsing di internet untuk mencari Perusahan yang bergerak di bidang jasa layanan SEO Website terbaik, terpercaya dan bergaransi dengan tarif harga yang bervariasi sesuai jumlah kata kunci pencarian. Sebagian besar jasa layanan SEO menawarkan tarif jasanya per bulan dengan durasi waktu minimal masa kontraknya.
Demikian knowledge sharing  yang dapat saya sampaikan seputar dunia website, dengan harapan semoga anda yang akan menggunakan website secara profesional untuk meningkatkan pangsa pasar usahanya, mendapatkan gambaran garis besarnya secara singkat bagaimana website dibangun hingga bisa diakses secara online melalui internet dan mendapat kualitas optimasi yang prima pada saat diakses oleh pengguna website.


Terima kasih…. Salam Sehat & Semangat.

About The Author

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×